Pengenalan Arduino


Pengenalan Arduino



               
      Kali ini kita akan bahan bagian perbagian dari Arduino. Sebelum kita memulai dari bagian-bagian Arduino sebaiknya kita kenalan dulu dari Arduino itu apa. Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri. Nah saya yakin kita pasti bingung dengan pengertian diatas, secara simple nya saya akan jelaskan secara singkat yaitu sebuah hardware yang didalamnya bisa kita beri perintah dengan Bahasa pemrograman Arduino itu sendiri sesuai keinginan kita. Contohnya kita ingin membuat running led, sensor dan display suhu, tinggi badan, dan masih banyak lainya.

                Kalau kalian semua masih penasaran kenapa kok bisa seperti itu kita akan bahas mengenai apa sajakah bagian-bagian dari board Arduino ? . Nah inilah sedikit penjelasan dan bagian-bagian dari board Arduino itu sendiri :





1.   Pin I/O Digital

     Pin ini digunakan untuk mengolah data digital baik data digital input ataupun digital output.Pada umumnya pin ini memiliki nilai input dan output 5VDC  yaitu mulai pin no.0 sampai dengan no.13. sedangkan dari 14 pin tersebut ada 6 pin yang dapat berfungsi sebagai PWM.Data digital yang diolah adalah data on-off ataupun hig
h-low yang bertipe Boolean. Perintah yang kita berikan juga harus sesuai dengan pin yang akan digunakan.
  
2.   Pin Ouput PWM


       Dalam program dikenal dengan sebutan 8 bit. Yaitu antara 0-255 jika didalam program. Pin PWM pada Arduino adalah pin no. 3, 5, 6, 9, 10 dan 11.
PWM adalah singkatan dari pulse with modulation yang dapat mengeluarkan output tegangan antara 0 vdc – 5 vdc, jadi kita bebas mengeluarkan tegangan yang kita inginkan antara range 0-5 vdc.




 
3.   Pin Analog Input 

    
Pin analog input terdapat 6 pin mulai dari pin A0 sampai dengan A5. Jika tadi PWM adalah output yang dikendalikan dengan rang 0-5 vdc sekarang kita bahan pin analog input yang dapat membaca nilai sensor atau inputan yang kita berikan antara 0-5 vdc dan di olah pada board Arduino dengan mengubahnya menjadi 10 bit yaitu antara 0-1023 nilai pada program Arduino. Dan pin ini biasanya digunakan sebagai pembacaan nilai sensor





4.    Usb port dan power port 

    
Usb port digunakan sebagai komukasi antara pc dan board Arduino. Semisal kita akan memberi perintah ke Arduino itu melalui pc dikirim melalui port usb, bisa juga di jadikan sumber power pada board Arduino. Power port digunakan sebagai sumber daya supply pada Arduino itu sendiri.





5.   Tobol reset
    
Tobol reset ini digunakan sebagai tombol yang meriset Arduino board agar program yang ada pada arduino berjalan dari awal kembali. Tidak sebagai pengosongan program atau tidak sebagai penghapus program. Atau yg biasa kita kenal adalat merestart.






6.   In-Circuit Serial Programming (ICSP)

     Port ICSP memungkinkan pengguna untuk memprogram microcontroller secara langsung, tanpa melalui bootloader. Umumnya pengguna Arduino tidak melakukan ini sehingga ICSP tidak terlalu dipakai walaupun disediakan.


Related Posts:

Total Pageviews